Banner
psmk.kemdikbud.go.idSPAT
Jajak Pendapat
Menurut anda, tampilan dan manfaat situs ini bagaimana?
Kurang Bagus
Bermanfaat
Bagus
Masih Kurang
  Lihat
Statistik
  Visitors : 2660213 visitors
  Hits : 2548 hits
  Today : 1196 users
  Online : 22 users
:: Kontak Admin ::

lutpas    kilipx
Agenda
17 October 2019
M
S
S
R
K
J
S
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Alam yang Nyaman

Tanggal : 03-10-2013 19:51, dibaca 1004 kali.

Berada di suatu Lingkungan yang nyaman, sehat dan bersih adalah idaman semua  orang. Mulai dari lingkungan rumah, lingkungan bermain, lingkungan kerja hingga lingkungan tempat kita menuntut ilmu. Karena dengan berada pada lingkungan yang nyaman akan mempengaruhi daya pikir serta berpengaruh pada kesehatan rohani dan jasmani. Selain itu dimulai dari hal kecil ini sedikit dapat mengurangi kerusakan yang terjadi dibumi .  Tidak sedikit upaya yang telah dilakukan oleh seluruh golongan agar lingkungan tetap terjaga, begitupula dengan sekolah kita SMK Negeri 1 Purwosari.

Sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini, seiring berjalanya waktu terus berusaha untuk mewujudkan visinya yang salah satunya yakni “ Mewujudkan tamatan yang berwawasan lingkungan” jadi tak heran kalau sekolah kita ini sangat peduli dengan lingkungan. Sudah banyak upaya yang dilakukan, yang terdiri dari 4 aspek, diantaranya:

-          Kebijakan sekolah tentang peduli terhadap lingkuan

-          Perkembangan kurikulum tentang lingkungan

-          Perkembangan sarana dan prasarana penunjang lingkungan

-          Pastisipasi seluruh warga sekolah tanpa terkecuali untuk perduli terhadap lingkungan sekolah.

           

Hasil wawancara kami dengan Waka Kesiswaan yakni Bapak Isa  Sidharta, S.P. SMK Negeri 1 Purwosari  juga sudah mengikuti lomba sekolah ADIWIYATA yakni sekolah yang perduli terhadap lingkungan. Sudah dua kali berpartisipasi mengikuti lomba ini namun masih belum sampai tingkat nasional, hingga sekarang ini sekolah kita diberi kepercayaan dan mengikuti lomba ADIWIYATA tingkat nasional yang diikuti oleh 81 sekolah di Jawa Timur. Tahun ini penilaian dilaksanakan mulai tanggal 26 September  - 10 Oktober, penilaian dilaksanakan secara bergilir dari satu sekolah kesekolah yang lain namun masing-masing sekolah tidak mengetahui kapan giliran dikunjungi, jadi penilaian secara dadakan. Di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan hanya terdapat 2 sekolah yang lolos ke tingkat Nasional yakni SMK Negeri 1 Purwosari dan SMK Negeri 1 Cerme, Gresik. Tentunya SobatMeta bangga dong bahwasanya SMK Negeri 1 Purwosari adalah sekolah yang sangat peduli terhadap lingkungan.

            SobatMeta tau nggk sebenarnya apa saja sih upaya yang sudah dilakukan SMK Negeri 1 Purwosari  , untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata? belum tau kan? Nah mangkanya simak yang dibawah ini ya!

Banyak upaya yang sudah dilakukan oleh sekolah kita, yakni mulai dari pengolahan sampah yang menggunakan metode 3R (Reduse, Reuse dan Recyle). Misalnya saja dikantin sekolah, sudah diminimalisir penggunaan sampah plastik yang susah untuk diuraikan, kemudian tersedianya tempat sampah dengan warna-warna berbeda yang dibedakan menurut jenis sampah agar warga sekolah lebih mudah membedakanya, kemudian sekarang-sekarang ini yang masih diupayakan adalah penggunaan kembali bahan bekas yang masih bisa digunakan menjadi suatu barang yang bermanfaat, disekolah kita juga disediakan bank sampah,dan yang terahir dalam upaya pengolahan sambah adalah sampah-sampah disekolah kita tidak dibakar.

Adapun Upaya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih yakni, adanya kegiatan jum’at bersih yang rutin dilaksankan setiap hari jum’at dijam pertama dan kedua. Kegiatan jum’at bersih ini diikuti oleh seluruh warga sekolah, mulai dari siswa,guru hingga staf TU. Semuanya membersihkan bagian yang sebelumnya sudah dibagi. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa peduli dan partisipasi untuk menjaga lingkungan sekolah.

Bapak Isa Sidharta,S.P. berharap seluruh warga sekolah bukan hanya siswanya selalu peduli terhadap lingkungan karena hal ini bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk kenyamanan bersama, terutama disekolah untuk kenyamanan belajar mengajar siswa dan guru jadi jangan hanya peduli lingkungan ketika ada lomba sekolah Adiwiyata tapi untuk seterusnya.(Red.Nanda)

 

                                                                                                       



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : isa sidharta -  [isa.sidharta@yahoo.com]  Tanggal : 30/10/2013
kasih foto dong...trim


   Kembali ke Atas