Banner
psmk.kemdikbud.go.idSPAT
Jajak Pendapat
Menurut anda, tampilan dan manfaat situs ini bagaimana?
Kurang Bagus
Bermanfaat
Bagus
Masih Kurang
  Lihat
Statistik
  Visitors : 2670628 visitors
  Hits : 1188 hits
  Today : 658 users
  Online : 25 users
:: Kontak Admin ::

lutpas    kilipx
Agenda
21 October 2019
M
S
S
R
K
J
S
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Caraka

Tanggal : 30-09-2014 08:01, dibaca 1614 kali.

                Halo SobatMeta. Bagaimana kabarnya? Pastinya sehat-sehat saja bukan.Kali ini Meta Schooltivity akan mengulas tentang acara yang sangat seru, yang di selenggarakan pada tanggal 6-7 September kemarin, penasaran kan. Langsung saja kita bahas yuk.

                Sabtu, 06 September 2014 kemarin menjadi hari yang luar biasa untuk ekstra pramuka kita di SMKN 1 Purwosari, bukan hanya anggota pramuka saja yang menganggap hari itu hari yang tidak biasa tetapi peserta caraka juga menganggapnya demikian.

                Acara tersebut di mulai pada hari sabtu jam 14:30 di lapangan SMKN 1 Purwosari, menurut Ahmad Nuzulul F atau biasa dipanggil Izul yang tak lain merupakan ketua dari ekstra Pramuka ini mengatakan bahwa caraka (calon anggota pramuka) itu hanya sebuah singkatan agar lebih keren, hehee. Sebenarnya ini adalah penerimaan anggota pramuka yang baru, caraka ini dilaksanakan sebagai media pelantikan untuk anggota baru dan juga untuk memperkenalkan apa arti pramuka yang sebenarnya

Peserta caraka bukan diperolah dengan mendaftar melainkan perwakilan dari masing-masing kelas X yang di wakili oleh 10 anak setiap kelas. Sudah menjadi kesepakatan awal pihak sekolah dan anggota pramuka membuat hukuman bagi yang tidak mengikuti caraka ini, yakni memberi alat-alat pramuka seperti tongkat,kabaret dan lain-lain.

Rasa pegal dan seru serta mendapat pengalaman baru juga menjadi lebih berani merupakan hal yang dirasakan oleh peserta yang mengikuti acara ini. “yang kami persiapkan diantaranya berupa barang-barang yang ditentukan dan diperlukan, tak lupa juga mental dan fisik yang kuat”. Ujar Diyana Fitriani peserta caraka dari kelas X TKJ 2. Harapan yang disampaikan Diyana yaitu agar acara caraka seperti ini tidak hanya di kenal di SMKN 1 Purwosari saja tetapi bisa di kenal di seluruh Indonesia.

Diantara susunan acara dalam caraka ini tak luput dengan ilmu-ilmu pramuka loh Sobat. Contohnya jelajah malam, di samping untuk menguji mental, jelajah malam juga di fungsikan untuk memberi pembelajaran ilmu pramuka dan kebangsaan. Yang diwajibkan dalam acara ini yakni WTC (welcome to caraka) yang tak lain merupakan budaya dari kakak-kakak pramuka yang dulu.

Persiapan bagi panitia sendiri antara lain membentuk sangga kerja, persiapan barang, dan pemberitaan. Soal kendala anggota kelas XI banyak yang prakerin sedangkan yang menjadi panitia inti itu kelas XI, pihak dari sekolah agak lambat untuk merespon, dan pada saat acara di mulai para anggota mengalami kecapekan dan kelalaian akibat dari latihan yang keras.

Suka duka yang dirasakan Izul yakni bangga bias memperkenalkan pramuka apalagi untuk kurikulum 2013 pramuka menjadi ekstra wajib, dan duka yang ia rasakan terjadi peristiwa-peristiwa yang di luar perkiraan.Harapan dan pesan yang ia sampaikan yaitu anggota pramuka lebih banyak, dan pramuka tidak hanya menjadi ekstra yang terdaftar tapi terdedikasi di sekolah kita. Karakter harus lebih bagus, tetap semangat jangan hilang rasa patriotismenya, dan jangan menghilangkan nilai budi leluhur karna budi leluhur bangsa Indonesia salah satunya yaitu sopan terhadap yang lebih tua.

Itulah sekilas tentang caraka di Tahun ini Sobat.Semoga bermanfaat dan bisa mengikuti caraka selanjutnya. Sampai bertemu di MetaSchooltivity edisi selanjutnya yaJ



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : Ahmad Rafik -  [achmadrafiq3@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2017
Semoga Harapan Dan Pesannya Bisa Tercapai !!

Pengirim : mia ayu firnanda -  [miaayuf@gmail.com]  Tanggal : 13/09/2016
Semoga Harapan dan pesannya bisa tercapai

Pengirim : Aldi Setiya Budi -  [aldisetiyabudi@gmail.com]  Tanggal : 18/04/2016
mau nanya buka pendaftaran online kapan ya tahun 2016-2017

Pengirim : saras -  [sarialifah19@gmail.com]  Tanggal : 18/08/2015
semoga acaranya lebih baik dari tahun kemaren :D


   Kembali ke Atas