Merdeka Belajar di Era New Normal Covid 19

Merdeka Belajar di Era New Normal Covid 19

04 August 2021, 07:47 95

#Cabang_Dinas_Pasuruan

Berdasarkan anjuran pemerintah tentang belajar, bekerja dan beribadah dari rumah pada tanggal  16 Maret 2020 sesuai Surat Gubernur Jawa Timur Nomor : 420/1780/101.1/2020, perihal Peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) Jawa Timur, SMK Negeri 1 Purwosari melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing  termasuk kegiatan PKL atau prakerin.

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media teknologi informasi internet memunculkan kebiasaan yang baru bagi pendidik dan pelajar. Biasanya siswa dan guru berada dalam ruangan yang sama dan berinteraksi secara langsung, kini siswa dan pendidik diharuskan untuk beradaptasi dengan pembelajaran berbasis digital yang dilakukan di rumah masing-masing, ini memacu para guru untuk lebih mengenal dan mempelajari teknologi informasi serta merancang pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Aplikasi  yang digunakan pada awal Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yaitu aplikasi Microsoft Teams dan Edmodo tapi, pada saat Tahun ajaran baru 2020-2021 hanya menggunakan Microsoft Teams

SMK Negeri 1 Purwosari melakukan perubahan dan penambahan aturan untuk pemberlakuan program Pendidikan Jarak Jauh dengan  penjadwalan 1 minggu pertama di isi oleh kegiatan produktif lalu minggu kedua melaksanakan pembelajaran normatif, dalam satu hari maksimal dilakukan 2 pelajaran. Dengan ini, diharapkan siswa-siswi SMK Negeri 1 Purwosari dapat memahami materi lebih baik dan Melakukan 2 kali absensi untuk memastikan siswa selalu hadir di setiap jam pelajaran, link presensi dibagikan melalui grub WhatsApp kelas

Kebiasaan belajar siswa juga berubah, kini ia diharuskan untuk belajar tanpa diajari secara langsung oleh guru, tanpa terjalin komunikasi secara langsung dengan teman-temannya dan di samping itu ada hambatan lain yaitu beberapa siswa mengalami kekurangan kuota internet dan sinyal yang kurang bagus membuat proses pembelajaran tidak berlangsung dengan optimal. 

Saat memasuki new normal, adapula beberapa protokol kesehatan di lingkungan sekolah yang wajib dipatuhi setiap siswa antara lain; penyemprotan disinfektan yang dilakukan pada saat memasuki gerbang sekolah, pengecekan suhu tubuh setiap siswa, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir pada tempat cuci tangan yang sudah disediakan atau menggunakan hand sanitizer, jaga jarak setiap siswa maksimal 2 meter untuk menghindari kontak antar siswa dan juga siswa diwajibkan selalu memakai masker.

Walaupun masih banyak kekurangan, SMK Negeri 1 Purwosari tetap berusaha mengoptimalkan proses pembelajaran untuk menciptakan penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter. Karena SMK Negeri 1 Purwosari mengedapankan siswa yang mandiri dan berprestasi. 

Sejatinya Virus Corona bukanlah penghadang misi dan visi SMK Negeri 1 Purwosari.  Dari pembelajaran daring ini siswa lebih mandiri, lebih bisa mencari materi sendiri, lebih kreatif dan lebih menghargai waktu kebersamaan dengan teman-teman mereka. 

Pesan kami, Corona hanya virus yang mampu memisahkan jarak kita. Kita yang terbiasa saling merangkul satu sama lain menjadi duduk berjarak satu meter.  Tapi ilmu buta jarak, ilmu bisa menyebar di mana saja, sekalipun di rumah saja. Jangan jadikan corona sebagai penumpul semangat belajar kita. Tetap semangat dan di rumah saja!


Author Extrakurikuler MCC(Jurnalistik) :
1. Febiana Angga Lestari 12 atph 1
2. Maria Helena Kristianti Wangge 12 atph 3
3. Mukhammad Thoriq Aziz 12 ATPH 2