KONTINGEN SMKN 1 PURWOSARI SABET JUARA DI 7 BIDANG LOMBA  LKS WILKER 2

KONTINGEN SMKN 1 PURWOSARI SABET JUARA DI 7 BIDANG LOMBA LKS WILKER 2

18 June 2021, 10:30 Purwosari, Pasuruan 222

KONTINGEN SMKN 1 PURWOSARI SABET JUARA DI 7 BIDANG LOMBA  LKS WILKER 2

Salah satu dari 4 pilar utama visi Indonesia tahun 2045 adalah pembangunan manusia dan penguasaan IPTEK (lmu Pengetahuan dan Teknologi), dengan peningkatan taraf Pendidikan rakyat Indonesia secara merata, peran kebudayaan dalam pembangunan, sumbangan IPTEK (lmu Pengetahuan dan Teknologi) dalam pembangunan, derajat kesehatan dan kualitas hidup rakyat, serta reformasi ketenagakerjaan. Sejalan dengan visi tersebut, dalam peningkatan pendidikan IPTEK (ilmu Pengetahuan dan  Teknologi)  merata pada era digitalisasi ini, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dituntut tidak saja harus menguasai penggunaan peralatan digital tetapi juga wajib menguasai softskill yang mumpuni.

Karena IPTEK dan komunikasi saling terkait dan tidak bisa dipisahkan, maka pada era digitalisasi disruptif, akan ada pekerjaan baru yang tercipta dan pekerjaan  konvensional yang akan hilang. Untuk itu, siswa SMK harus senantiasa meningkatkan kualitas diri dan penguasaan keterampilan agar dapat memenuhi tuntutan pasar kerja, baik di masa kini maupun di masa yang belum kita prediksikan. Era digitalisasi maupun otomasi, dapat mengubah struktur ekonomi maupun tenaga kerja di Indonesia, kecuali beberapa pekerjaan yang sulit diotomasi misalnya kemampuan softskills (berinteraksi dengan orang lain dan keahlian khusus).

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK untuk Wilayah Kerja 2 Tahun 2021 dilaksanakan mulai tanggal 08 – 10 Maret 2021 yang  tempatnya tersebar di beberapa SMK Negeri/Swasta mulai wilayah Kab/Kota Pasuruan sampai Banyuwagi. SMK Negeri 1 Purwosari mengikuti seleksi LKS dengan mengirimkan 7 bidang lomba, dan alkhamdulillah berkat perjuangan keras dari guru pembimbing dan usaha yang ulet, tekun dari siswa maka dapat meraih 6 prest lomba Lasi bidang lomba. Berikut adalah daftar pemenang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang lolos maju ketahap seleksi antar Wilker yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur.

 

TABEL 1.

DAFTAR PEMENANG LOMBA

 

No

Bidang Lomba

Juara

Nama Peserta/Siswa

Nama Guru Pembimbing

1

Web Technology

1

Mohammad Khusnul Khuluq

Raditya Wahyu Sasono, ST

2

Landcape and Gandening

1

  1. Robbi Wahyu Saputro
  2. Ahmad Zidan Haikal Akbar

Maureen Evita Santi, SP., M.Pd

3

IT Sofware Solution For Businness

1

Reihan Almas Hediawan

Veny Wulandari, S.Pd

4

CNC Turning

2

Hengki Pranata

Julianto, S.Pd

5

Cloud Computing

2

Afrizal Alif Maulana

Drs. Djarot Mudjianto, M.Pd

6

Artificial Intelligence

2

  1. Febri Brilian Barkah
  2. Ryan  Catur  Anggara

Winoto, S.Pd

7

Welding

3

Fajar Khoirul Ghofur

Dwi Hardita, S.Pd