Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan (PBJ) oleh Dinas Tenaga Kerja Kab. Pasuruan

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan (PBJ) oleh Dinas Tenaga Kerja Kab. Pasuruan

10 July 2024, 14:13 SMKN 1 Purwosari 229

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan merupakan suatu proses untuk membantu seseorang dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan pekerjaan atau jabatan, dengan tujuan untuk mempertemukan antara karakteristik individu dengan peluang / kesempatan kerja yang ada sehingga seseorang (Pencari Kerja) menyadari realitas potensi dirinya dan dapat memiliki gambaran obyektif tentang peluang kesempatan kerja dan pada akhirnya mampu menentukan pilihan karirnya secara tepat.

Sasaran program PBJ ditujukan bagi para pencari kerja, siswa sekolah, mahasiswa, masyarakat dan pihak-pihak yang terkait dengan pelayanan penempatan tenaga kerja dalam rangka membantu mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten dan memenuhi persyaratan kompetensi kerja (job requirement) yang dibutuhkan di pasar kerja. Untuk dapat memenuhi kesenjangan antara persyaratan jabatan dengan kompetensi yang dimiliki seseorang, antara lain dapat diarahkan melalui program-program pelatihan kerja atau program lain yang dapat meningkatkan kompetensinya sehingga persyaratan jabatan dapat dipenuhi.

Rabu, 22 Februari 2023 Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan (PBJ) oleh Dinas Tenaga Kerja Kab. Pasuruan Hadir dalam acara tersebut Bapak Kepala Sekolah, perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Kab. Pasuruan, Bpk. Anggara dari PT. Trisakti Purwosari Makmur, dan Bpk Andri Wahyudi Wakil Ketua 1 DPRD Kab. Pasuruan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapan diri memasuki dunia kerja bagi siswa, sehingga akan tercapai pelayanan penempatan tenaga kerja secara optimal dengan prinsip The Right Man On The Right Job.