Siswa SMKN 1 Purwosari Rebut Juara 3 Duta Bahasa Se Jawa Timur

Siswa SMKN 1 Purwosari Rebut Juara 3 Duta Bahasa Se Jawa Timur

17 April 2024, 00:09 SMKN 1 Purwosari 184

Sebagai bahasa yang berkembang, bahasa akan terus mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan masyarakat pemakainya. Luasnya wilayah pemakaian bahasa Indonesia, keanekaragaman penuturnya serta cepatnya perkembangan teknologi informasi merupakan kondisi yang menimbulkan permasalahan cukup kompleks dalam bidang kebahasaan. Idealnya, kecintaan terhadap bahasa harus terus dikembangkan demi menjaga martabat bahasa dan Tanah Air khususnya Jawa Timur. Pemartabatan bahasa tersebut akan bermuara pada pembentukan karakter dan penumbuhan rasa nasionalisme.

Duta bahasa mengemban amanah untuk mengawal penggunaan dan pengutamaan bahasa di kalangan anak muda. Peran mulia sebagai abdi bahasa, jaga bahasa, dan niaga bahasa
Arya Pakshi Airlangga tidak menyangka selempang Duta Bahasa Timur 2023 itu akhirnya disampirkan di pundaknya. Arya meraih juara 3 dalam pemilihan Duta Bahasa Timur Tahun 2023.

Finalis Cak Yuk Pasuruan 2023 itu mengungkapkan, saat seleksi, dirinya menjalani serangkaian tes. Mulai tes kepribadian, unjuk minat dan bakat, penilaian etika dan penampilan, hingga kompetensi berbahasa yang diujikan melalui UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia). Tak tertinggal bahasa Inggris.