TUNJUKKAN SEMANGAT PEMUDA BANGSA,  KEBERAGAMAN BUDAYA BERBAUR DALAM PERINGATAN SUMPAH PEMUDA

TUNJUKKAN SEMANGAT PEMUDA BANGSA, KEBERAGAMAN BUDAYA BERBAUR DALAM PERINGATAN SUMPAH PEMUDA

14 June 2024, 01:07 SMKN 1 Purwosari 169

Purwosari  – Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Makna sumpah pemuda itu sendiri mempunyai inti persatuan yang sesuai dengan semboyan bangsa dan sejarah sumpah pemuda itu sendiri yang terdiri dari pemuda berbagai daerah. Senin (30/10), peringatan Sumpah Pemuda di SMKN 1 Purwosari memiliki banyak kegiatan, di antaranya lomba fashion show dan cerdas cermat. Selain itu, bebarengan dengan peringatan Bulan Bahasa dengan mengadakan lomba poster, pidato bahasa Jawa, musikalisasi puisi, dan news reading sebagai satu rangkaian peringatan hari besar.

Upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-95 berjalan secara khidmat. Seluruh peserta dengan pakaian adat yang digunakan menambah anggun dan menakjubkan akan persatuan yang ada di SMKN 1 Purwosari sebagai wujud keberagaman di Indonesia. Semangat juang dan toleransi tergambar jelas dalam kegiatan peringatan Sumpah Pemuda. Penghargaan atas pakaian adat terbaik juga tidak luput dari perhatian seluruh warga sekolah.

Fashion show atau peragaan busana adat adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Wadah bagi peserta didik untuk dapat mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki. Penampilan pakaian adat dari masing-masing kelas terasa begitu kompetitif. Masing-masing kelas mengirim perwakilan terbaik dengan menampilkan pakaian adat yang terbaik pula. Sepanjang peragaan, kita disuguhkan oleh semangat para pemuda dengan pesona budaya yang ada di Indonesia. Bersyukur karena keberagaman ini masih dapat dinikmati dan dilestarikan oleh pemuda bangsa yang ada di SMKN 1 Purwosari.

Selain itu, kegiatan lomba cerdas cermat juga tak kalah mendebarkan dan penuh persaingan. Lomba cerdas cermat pada dasarnya adalah sebuah kompetisi yangmenguji pengetahuan dan kemampuan berpikir bagi peserta yang turut berpartisipasi. Lomba Cerdas Cermat terdiri dari babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan dilaksanakan Senin (30/10), sedangkan pada babak semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 dengan tempat yang sama yaitu Aula SMKN 1 Purwosari.

Diadakannya lomba cerdas cermat banyak memberi manfaat dan kesan bagi peserta. "Ini salah satu jembatan bagus sih bagi kita pemuda agar semangat lagi belajar tentang wawasan kebangsaan. Adanya lomba cerdas cermat ini bisa menguji dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analisis siswa/ siswi secara cepat dan tepat”, ujar salah satu peserta cerdas cermat dari kelas XII DKV 2.

Kemeriahan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di SMKN 1 Purwosari membentuk barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna, menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya heterogenitas sebagai sumber memajukan Indonesia.

                                                                                           “BERSAMA MAJUKAN INDONESIA”