Pengoptimalan Gerakan Literasi Sekolah dengan Program

Pengoptimalan Gerakan Literasi Sekolah dengan Program "Pustaka Keliling" di SMK Negeri 1 Purwosari

12 July 2024, 00:36 SMKN 1 Purwosari 209

SMKN 1 Purwosari - Hari ini (3/11), SMK Negeri 1 Purwosari melaksanakan Program "Pustaka Keliling" untuk pertama kalinya dengan tujuan utama meningkatkan minat baca peserta didik. Program ini merupakan langkah inovatif dalam menghadirkan literatur berkualitas bagi perkembangan metodologi berpikir peserta didik.

Program "Pustaka Keliling" ini diinisiasi oleh Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bersama dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) serta dukungan dari para guru pendamping.

"Pustaka Keliling" adalah program yang menghadirkan perpustakaan keliling ke dalam lingkungan sekolah. Melalui program ini, siswa dapat dengan mudah mengakses beragam buku dan materi literatur tanpa harus pergi ke perpustakaan.

Pelaksanaan program ini berlangsung setiap hari Jumat. Hari ini, Jumat (3/11), hari pertama pelaksanaan Program "Pustaka Keliling." Kegiatan ini dibuka dalam dua sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 07.00 - 07.30 WIB dan sesi kedua pada pukul 12.00 - 13.00 WIB. Lokasi kegiatan mencakup area hutan sekolah, lapangan indoor, dan depan bengkel Teknik Pemesinan (TPM).

Program "Pustaka Keliling" ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Akses yang mudah ke berbagai jenis buku dan literatur diharapkan dapat mengubah pandangan peserta didik terhadap membaca menjadi lebih positif.

Salah satu peserta didik, Gede Ngurah Manik, dari kelas X DKV-1, berbagi pengalaman, "Saya awalnya hanya ingin numpang absen ke sini, karena dipaksa Pak Ketua. Tapi ya akhirnya sekarang saya baca buku 'Membangun Kembali Jati Diri Bangsa', soalnya penasaran." Program ini mendorong minat baca siswa dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Program "Pustaka Keliling" di SMK Negeri 1 Purwosari adalah contoh nyata upaya sekolah untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan memberikan akses mudah ke berbagai jenis literatur dan menciptakan lingkungan yang mendukung. Program ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan literasi peserta didik. Semangat dan partisipasi peserta didik seperti Gede Ngurah Manik menjadi bukti bahwa program ini mampu merangsang minat baca yang awalnya mungkin tidak begitu tertarik.

Semoga "Pustaka Keliling" di SMK Negeri 1 Purwosari dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya dalam menjalankan program serupa. Peningkatan minat baca siswa adalah investasi penting dalam pembentukan generasi yang cerdas dan berpengetahuan.

Salam Literasi!