Kunjungan Belajar dari SDN Purwosari II Terkait Pembelajaran IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

Kunjungan Belajar dari SDN Purwosari II Terkait Pembelajaran IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

26 May 2024, 19:59 SMKN 1 Purwosari 150

Pelaksanaan Kunjungan Belajar : Selasa, 07 November 2023

Peserta :

  • Kepala SDN Purwosari II
  • Tenaga Pendidik dan Kependidikan SDN Purwosari 2 sebanyak 10 orang
  • Siswa siswi kelas VI, sebanyak 24 siswa

 

Pembelajaran kontekstual (contextual learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan ini, SDN Purwosari II mengadakan outing class untuk siswa kelas VI, untuk menguatkan pengetahuan dan keterampilan siswa pada kegiatan pembelajaran IPA di jurusan ATPH.

Kegiatan di jurusan ATPH ini dilakukan dengan suasana yang menyenangkan, bermakna, mudah dipahami oleh siswa dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kegiatan yang dilakukan yaitu :

  • Pengenalan sekolah
  • Pemaparan materi dan tanya jawab terkait perkembangbiakan tanaman
  • Praktik siswa dengan didampingi oleh siswa kelas XI ATPH

Siswa kelas VI dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing praktik perbanyakan tanaman secara generative (dari biji), perbanyakan vegetative dengan Stek, Cangkok, grafting dan hidroponik. Praktik dilakukan secara bergantian (rolling), sehingga semua siswa dapat melakukan praktik tiap kegiatan. Diharapkan setelah belajar dari SMK, mereka dapat mempraktikkan di sekolah.