Gebyar P5: Merayakan Kearifan Lokal dan Kebekerjaan di SMK Negeri 1 Purwosari

Gebyar P5: Merayakan Kearifan Lokal dan Kebekerjaan di SMK Negeri 1 Purwosari

13 July 2024, 01:22 Lapangan Indoor SMKN 1 Purwosari 293

Purwosari, 29 Mei 2024 - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Purwosari menggelar acara Gebyar P5 mengusung tema "Kearifan Lokal dan Kebekerjaan" dengan topik Jelajah Budaya Jawa: Menjelajah Kesenian Tradisional Jawa dan Kuliner yang Kaya Rasa. Acara ini menggabungkan tradisi, seni, dan pendidikan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa tentang kearifan lokal dan peluang kerja di masa depan.

Dalam suasana yang penuh kebanggaan, para siswa mempersembahkan pertunjukan tradisional yang memukau. Mulai dari tarian dolanan, nyanyian, patrol hingga drama "Sumpah Pati Obong," panggung Gebyar P5 menjadi sorotan utama. Drama "Sumpah Pati Obong" mengisahkan legenda setempat yang mengajarkan nilai-nilai keberanian dan kesetiaan.

Bazar yang diadakan di area lapangan indoor sekolah menjadi pusat perhatian. Siswa mengenakan pakaian adat Jawa dan menjual berbagai produk jajanan khas daerah-daerah Jawa. Ada tiga kategori produk yang ditawarkan: makanan berat, makanan ringan, dan minuman. Pengunjung dapat menikmati nasi tempong, rawon, klepon, cenil, lupis, es sinom, es beras kencur, dawet dan berbagai macam varian makanan khas lokal lainnya.

Para siswa juga berlomba untuk menciptakan stand terbaik. Melalui kreativitas dan semangat, mereka menghias stand dengan ornamen tradisional dan produk-produk yang disajikan  secara menarik. Stand yang paling kreatif dan informatif akan mendapatkan penghargaan.

Gebyar P5 bukan hanya tentang hiburan semata. Acara ini juga bertujuan melatih keterlibatan siswa di bidang kebekerjaan. Dengan mengenakan pakaian adat dan berperan sebagai penjual, siswa belajar tentang kewirausahaan dan bagaimana berinteraksi dengan pelanggan. Ini adalah pengalaman berharga yang akan membekali mereka untuk masa depan.

Gebyar P5 tidak hanya melibatkan siswa SMK Negeri 1 Purwosari, tetapi juga terbuka untuk umum. Masyarakat sekitar dapat datang dan merasakan kehangatan acara ini serta menikmati kearifan lokal yang dihidupkan kembali.

Dengan semangat kebersamaan dan kearifan lokal yang kental, Gebyar P5 di SMK Negeri 1 Purwosari berhasil menciptakan momen berharga bagi semua yang hadir. Semoga acara ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mencintai budaya dan menggali potensi diri dalam dunia kerja. Ulchak Firmansyah, melaporkan dari Purwosari.

Created by Ulchak Firmansyah, MCC