Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang di SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan

Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang di SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan

26 May 2024, 18:45 264

Pembelajaran adalah kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai positif dengan menggunakan sumber belajar. Jika ditanya apa pengalaman terbaik kami?, kami akan menjawab menjadi guru dan terlibat dalam banyak kegiatan sekolah. Dalam kegiatan menjadi seorang guru walaupun masih berstatus sebagai Mahasiswa aktif kami dibantu dengan program Asistensi Mengajar atau bisa disebut AM. Apa itu Asistensi Mengajar?, Asistensi Mengajar adalah program yang dibuat pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bekal mahasiswa aktif untuk terlibat dalam pembelajaran, kegiatan akademik, non akademik, dan administrasi sekolah. Dalam program pemerintah ini mahasiswa mendapat bimbingan dari dosen dari kampus, dan mendapat guru pamong dari pihak sekolah yang dipilih dalam kegiatan Asistensi Mengajar ini. Kegiatan ini wajib dilaksanakan selama 1 semester penuh. Program ini bermanfaat bagi mahasiswa dengan cara mahasiswa dapat menkonversi SKS sebanyak 20 SKS, termasuk kegiatan PPL dan KKN.

Melalui program Asistensi Mengajar ini juga memberikan mahasiswa wawasan bagaimana cara menyusun sebuah kegiatan pembelajaran mulai dari modul ajar, bagaimana cara mengkondisikan kelas, bagaimana berjalannya sekolah dari sudut pandang administrasi, dan betapa pentingnya kegiatan non akademik di ranah sekolah.  Dari program ini kami menjadi lebih terampil, inovatif dan berkompeten. Kenapa bisa demikian? karena dalam program ini, mahasiswa mendapat kelas dan tugas yang bisa saja berubah sewaktu waktu bahkan kondisi yang tidak menentu. Kami juga mendapat pengalaman bagaimana cara mengelola kelas dengan baik agar siswa-siswi dapat tertarik dengan pembelajaran yang kami kembangkan secara inovatif dengan berbagai penyesuaian yang kami buat pula.

Adapun tujuan utama dari program Asistensi Mengajar antara lain :

  1. Membantu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah mitra
  2. Membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul selama pelaksanaan program Asistensi Mengajar
  3. Turut serta dalam pelaksanakan kegiatan non akademik dan administrasi di sekolah mitra.

Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok, dimana kelompok beranggotakan 6 mahasiswa yang dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan dan guru pamong. Kegiatan ini kami laksanakan di SMKN 1 Purwosari dengan berbagai kegiatan yang meliputi kegiatan akademik, non akademik, administrasi sekolah, dan publikasi.

Selama mengikuti Asistensi Mengajar banyak sekali pengalaman berharga yang kami peroleh, antara lain pengalaman mengajar di kelas, memanajemen diri, memanajemen waktu, hubungan sosial, kepribadian serta sudut pandang terhadap permasalahan yang kami dapatkan. Dengan adanya program ini kami dapat melihat secara langsung lingkup kerja yang ada di sekolah SMKN 1 Purwosari. Sehingga hal tersebut dapat menjadi pengalaman langsung yang dapat kami rasakan dampaknya, serta bisa menjadi bekal yang cukup untuk terjun di dunia Pendidikan. Selain itu, dari program yang sudah kami laksanakan selama 1 semester ini kami melihat bahwasanya program ini juga membuka jalur bagi mahasiswa untuk menjalin relasi dengan guru, siswa, dan seluruh warga sekolah dari SMKN 1 Purwosari.

Pada tahap awal dari program ini dibuka dengan proses perencanaan kegiatan

Pada tahap ini, kami diwajibkan untuk melakukan observasi sekolah, dimana teknis kegiatan ini mahasiswa diharuskan melihat kondisi lingkungan sekolah dan mengajukan surat tugas yang sudah diberikan oleh pihak kampus. Didalam kegiatan observasi ini kami juga sewajarnya memperkenalkan diri secara formal kepada pihak sekolah serta menyatakan maksud kedatangan kelompok kami ke SMKN 1 Purwosari. Pada kegiatan ini kami juga diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada guru pamong, antara lain adalah Bapak Lutfi dan Bapak Radit selaku guru dan Kepala Kompetensi Keahlian DKV dan RPL. Kami juga dikonfirmasikan oleh pihak sekolah bahwasanya kami bertanggung jawab untuk mengajar 2 jurusan antara lain DKV dan RPL.

Selanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan  

Pada tahap ini kami diharuskan untuk mulai mendiskusikan tentang kegiatan yang akan dilakukan dan output apa yang akan diberikan kepada pihak SMKN 1 Purwosari didampingi dengan bimbingan dosen pembimbing lapangan dari Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Tidak hanya melakukan perancangan, tapi menurut pengalaman dari kegiatan pelaksanaan ini, kami melakukan perencanaan diiringi dengan mulai melakukan kegiatan akademik yakni mengajar. Sedikit cerita, kami merancang modul ajar disiapkan seminggu sebelum kelas atau materi baru akan dikerjakan. Sehingga sudah siap melakukan kegiatan pembelajaran pada minggu selanjutnya. Di dalam pelaksanaan kegiatan ini kami melakukan Focus Group Discussion (FGD) juga dengan guru pamong masing masing kelompok jurusan. Untuk kegiatan belajar mengajar kami dikarenakan kondisi sosial yang sudah membaik dari penyebaran virus corona, sekolah SMKN 1 Purwosari sudah melakukan kegiatan belajar secara luring. Dalam tahap pelaksanaan kegiatan ini kami mendapat jam mengajar antara 10-14 jam per minggunya. Dengan adanya penugasan mengajar tersebut kami berkewajiban untuk merancang proses pembelajaran, menertibkan lingkungan kelas, mendidik dan mengarahkan peserta didik untuk siap bersaing di industri kedepannya. kelompok kami mencakup pengajaran antara lain X DKV 1, X DKV 2, X RPL , dan XII RPL. Sementara dari segi kesiapan pembelajaran kami menggunakan media LMS, Video, Modul belajar, dan PPT. materi yang disampaikan kepada peserta didik merupakan materi sesuai dengan ATP SMKN 1 Purwosari yang meliputi materi mengenai multimedia dan Rekayasa perangkat lunak.

Di setiap akhir pembelajaran kami mengadakan evaluasi sesuai dengan apa yang kami pelajari dari mata kuliah microteaching. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mereview dan mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terkait materi yang telah di berikan. Untuk evaluasi kami menggunakan quizziz, dan kahoot sebagai medianya, mengapa demikian? Tidak tanpa alasan kami menggunakan platform tersebut, dari kedua platform tersebut telah mencakup gamifikasi di dunia Pendidikan sehingga peserta didik bisa lebih rileks dan fresh. Tanpa alasan kami menggunakan gamifikasi untuk merilekskan kondisi dan mental siswa, karena kelompok kami mendapat jatah mengajar di jam-jam awal pembelajaran, sehingga rasa rileks harus disiapkan di akhir pembelajaran kami agar siswa bisa menerima mata pelajaran sesudah mata pelajaran yang kami bimbing dengan lebih fresh dan fokus. Kami sadar bahwa tekanan dari lamanya proses pembelajaran dari kurikulum terbaru dan tuntutan waktu fullday sangat berat bagi siswa sehingga kami mengambil jalan tengah memberikan media quizziz dan kahoot untuk menambah pengetahuan sekaligus membuat siswa lebih nyaman dalam menerima pembelajaran yang kami berikan

Terkait pelaksanaan UTS di SMKN 1 Purwosari, kami diperbolehkan masuk dalam proses pembuatan soal, melaksanakan ujian, serta menilai hasil kerja peserta didik. kami juga diajarkan untuk merekap semua hasil tugas peserta didik mulai dari pertemuan pertama hingga waktu menjelang UAS. Sebelum pekan UTS dilaksanakan, kami menyiapkan mulai dari konsultasi soal dan kisi-kisi peserta didik dengan bimbingan guru pamong. Beberapa dari kami juga memberikan remidi kepada peserta didik yang memiliki nilai kurang memuaskan.

Selain melakukan pembelajaran dan administrasi, kami juga bergerak di bidang non akademik berupa administrasi jurusan, administrasi perpustakaan, administrasi BK, kesiswaan, instalasi perangkat lunak, pembuatan media interaktif hingga kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Purwosari. Masing- masing dari kami memegang tugas dan peranan masing masing dalam melaksanakan kegiatan non akademik. Selain kegiatan di atas kami di amanahi untuk membuat produk luaran AM berupa website penjualan produk dan jasa yang ada di SMKN 1 Purwosari.

Pada kegiatan kesiswaan kami diharuskan siap siaga di depan gerbang sekolah untuk mengecek peserta didik yang tidak menaati aturan terkait seragam dan perlengkapan penunjang sekolah lainnya. Sedangkan administrasi kami membantu merekap berkas dokumen UKK kelas XII RPL, absensi kehadiran peserta didik, membantu merekap data siswa di BK, mendata dan menata buku perpustakaan, merekap nilai peserta UKK, dan lain-lain.

Sekarang masuk pada tahap akhir pelaksanaan Asistensi Mengajar

Pada tahap ini Mahasiswa membuat program kerja yakni sosialisasi UI/UX design yang dikhususkan untuk peserta didik jurusan DKV dan RPL. Pada kegatan ini kami mengundang pemateri dari perusahaan start up yang sudah terkenal yakni CV.10am studio yang bergerak di bidang UI/UX design sejumlah 9 orang. Pada program kerja ini kami membagi pemateri yang berjumlah 9 orang ke dalam 4 kelas yang berbeda yang bertujuan untuk memeratakan dan menyingkat waktu pelaksanaan tetapi dengan tujuan dan output yang jelas, dan yah.. alhamdulillah program kerja kami sangat sukses, dimana banyak peserta didik yang termotivasi dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai materi UI/UX. Kenapa kami mengambil tema program kerja ini? Kami membuat program kerja ini dikarenakan masih awamnya UI/UX di ranah SMK khususnya DKV dan RPL, sedangkan dengan kemampuan design yang sangat mencukupi bisa menjadi tombak bagi peserta didik DKV dan RPL. Diharap jurusan DKV dan RPL juga bisa membantu pekerjaan pengembang perangkat lunak sebagai UI/UX engineer. Untuk output terakhir yang kami berikan adalah pembuatan Web yang dikembangkan sebagai rasa terimakasih kepada SMKN 1 Purwosari yang bersedia menerima mahasiswa aktif seperti kami dan membimbing kami sehingga mendapat pengalaman yang sangat menyenangkan dan memotivasi kami. Web kami adalah web marketplace yang bertujuan untuk membantu proses praktikum peserta didik di semua bidang jurusan agar produk dan jasa yang dihasilkan dari kegiatan praktik bisa dijual dan menguntungkan untuk sekolah serta peserta didik, dari konteks tersebut kami percaya bahwa adanya web ini dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik untuk berinovasi sekaligus berwirausaha. Dari hal tersebut kami beracuan kepada konsep sekolah kejuruan yang dimana peserta didik disiapkan untuk bisa bersaing di dunia kerja se dini mungkin, dari pegembangan web tersebut, peserta didik bisa memiliki 2 opsi antara lain bekerja di dunia industri ataupun berwirausaha, karena sudah memiliki pengalaman dan pemikiran yang kritis dalam berwirausaha Bersama sekolah SMKN 1 Purwosari.

Sebelum kegiatan Asistensi Mengajar diakhiri, terdapat kegiatan desiminasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa elama pelaksanaan Asistensi Mengajar . setalah kegiatan ini terlaksana, kegiatan terakhir adalah penjemputan mahasiswa yang menjadi tanda berakhirnya kegiatan Asistensi Mengajar yang didampingi oleh dosen program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang.  

Sosialisasi UI/UX oleh CV.10am studio