Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022

Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022

03 May 2024, 19:28 SMKN 1 Purwosari 120

PAHLAWANKU, TELADANKU

Setiap 10 November bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan. Peringatan hari Pahlawan ini tidak lepas dari pertempuran besar yang terjadi di Surabaya antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris pada tanggal 10 November 1945. Peringatan hari Pahlawan ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan terhadap pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Tahun ini, peringatan hari Pahlawan bertemakan “Pahlawanku, Teladanku”. Tema ini bertujuan untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. “Bentuk meneladani perjuangan para pahlawan yang telah mendahuli kita bagi pelajar adalah cinta tanah air dengan rajin belajar dan pantang menyerah” kata Bapak Aditya Novan, S.Pd. selaku pembina upacara di peringatan hari sumpah pemuda 10 November 2022 di SMKN 1 Purwosari.

Peringatan hari pahlawan di SMKN 1 Purwosari dilaksanakan di lapangan indoor diikuti kepala sekolah, para guru dan para karyawan. Selain pembinaan yang disampaikan Bapak Novianto selaku pembina upacara, juga ada pembacaan pesan para pahlawan bagi para generasi bangsa yang dibacakan M. Lefi Rachmad dari kelas XRPL, Utsa Abi H. dari kelas XMKT2 dan Muhammad Azril dari kelas XATPH1. Untuk pembacaan puisi Karawang Bekasi dibacakan Echa dari kelas XIIMKT. Upacara semakin khidmat diakhiri dengan doa.

Selain upacara bendera, peringatan hari Pahlawan di SMKN 1 Purwosari juga diadakan beberapa lomba. Lomba-lomba tersebut meliputi lomba pidato dan lomba creative fotografi. Lomba-lomba tersebut dimulai 10 November 2022 sampai 16 November 2022. Pemenang lomba akan diumumkan pada upacara hari guru 25 November 2022.

Semoga dengan peringatan hari Pahlawan ini kita tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah. Kita hargai jerih payah mereka dengan meneruskan perjuangannya. Pahlawankku, teladanku.