SMKN 1 PURWOSARI Sebagai Center Of Excellence (CoE)

SMKN 1 PURWOSARI Sebagai Center Of Excellence (CoE)

06 August 2021, 05:47 Purwosari 372

Menjadi sesuatu yang membanggakan bagi SMK Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur karena sekolah ini dipercaya menjadi Center of Excellence (CoE) untuk  Kompetensi Keahian TKR (Teknik Kendaraan Ringan)

Program CoE(Center of Excellence) merupakan program dari Direktorat SMK Kemendikbud yang diluncurkan pada Juli 2020 lalu sebagai upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan, yang  mana salah satu amanatnya adalah revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing tinggi dan siap menghadapi tantangan serta dinamika perkembangan nasional maupun global.

Kepala SMK Negeri 1 Purwosari, Bapak Drs. Syaefudin  mengatakan dalam program ini tidak hanya berupa pengadaan peralatan praktik yang memadai dan sesuai, tetapi juga terdapat program pembentukan karakter siswa sekaligus pendidikan dan laithan bagi guru dan teknisi.

“Dengan ditunjuknya SMK Negeri 1 Purwosari sebagai Center of Excellence, berarti kami harus siap menjadi pusat keunggulan pada Kompetensi Keahlian  TKR khususnya dan 9 Kompetensi Keahlian lainnya,” katanya.

Kepercayaan sebagai pusat keunggulan ini merupakan hasil kerja keras dan tanggung jawab sekolah kepada para siswa. Sehingga dengan program ini siswa diharapkan lebih kompeten di Kompetensi Keahlian TKR baik secara soft skill maupun hard skill

Bapak Syaefudin menambahkan : “Selain itu, siswa benar-benar memiliki karakter dan kompetensi sesuai dengan budaya industri,”

Menindaklanjuti program tersebut, saat  ini, SMK Negeri 1 Purwosari bekerja sama dengan PT. Astra Daihatsu Motor untuk mengembangkan sekolah menjadi pusat keunggulan (Center of Exellence).