Taekwondo SMK Negeri 1 Purwosari

Taekwondo

Beladiri

Taekwondo adalah seni beladiri yang berasal dari Korea . Taekwondo dikenal sebagai
seni beladiri yang berarti: Cara menendang dan memukul. Dalam Korea hanja untuk
Tae berarti menendang dengan kaki, Kwon berarti memukul dengan tangan, dan Do
berarti seni Jadi Taekwondo dapat diartikan sebagai seni bela diri yang
menggunakan teknik kaki serta tangan kosong untuk menaklukan
lawannya.
Di SMKN 1 Purwosari ini ekstra Taekwondo banyak digemari para siswa terutama siswa yang menyukai dunia bela diri.
Taekwondo di SMKN 1 Purwosari saat ini dibina oleh Bapak Sukariyono selaku guru penjaskes. Taekwondo SMKNusa sangat menjunjung solidaritas yang tinggi, dan mendidik kita untuk lebih berani dan tanggung jawab. Selain itu, Ekstra ini juga memperoleh banyak prestasi, salah satunya yaitu menjadi juara umum KONI Kabupaten Pasuruan di tahun 2018. 
Ekstrakurikuler Taekwondo dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu dan Sabtu setelah pulang sekolah. Adapun basecamp Taekwondo terletak di gedung G. Ada 3 materi dalam latihan yakni:
•    Poomse atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan Poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.
•    Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.
•    Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau Poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri.

Share bila kamu suka