Paskanusa SMK Negeri 1 Purwosari

Paskanusa

Kedisiplinan

Dalam organisasi paskibra ada 2 perbedaan yakni Paskibra dan Paskibraka. Paskibra merupakan pasukan pengibar bendera yang bertugas di tingkat kecamatan dan sekolah, sedangkan Paskibraka yaitu pasukan pengibar bendera pusaka yang bertugas ditingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional. 
Gagasan Paskibraka pertama lahir tahun 1946, saat memperingati HUT Proklamasi kemerdekaan RI yang ke-1. Presiden Soekarno meminta bantuan Husein Mutahar untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka. Tahun 1966 husein mutahar dipanggil Presiden Soeharto untuk menangani pengibaran bendera pusaka. Dengan mengembangakan formasi menjadi : 
- Pasukan 17 / pengiring (pemandu), 
- Pasukan 8 / pembawa bendera (inti), 
- Pasukan 45/pengawal. 
SMK Negeri 1 Purwosari memiliki extra Paskibra dengan nama PASKANUSA kepanjangan dari Pasukan Pengibar Bendera SMK Negeri 1 Purwosari. Exra ini didirikan pada 18 Oktober 2002. Kegiatan extra Paskibra dilaksanakan pada hari Kamis yang ber agendakan materi dilapangan 
meliputi kegiatan baris berbaris dan olahraga fisik dan pada hari Jum’at yang ber agendakan meliputi materi kepaskibrakaan dan wawasan kebangsaan yang dilaksankan sepulang sekolah.  
Selain agenda harian Paskibra SMKN 1 Purwosari melaksanakan tugas pengibaran setiapa diadakanya upacara serta pembukaan event di sekolah, Paskibra kami juga sering mengikuti beberapa perlombaan setiap tahunya. 
 
 

Share bila kamu suka