Pelatihan Produksi Konsorsium Bakt Bioferrtilizer Dan Bioprotektan Berbasis Sensor Suhu Dari UMM

Pelatihan Produksi Konsorsium Bakt Bioferrtilizer Dan Bioprotektan Berbasis Sensor Suhu Dari UMM

13 July 2024, 01:30 SMKN 1 Purwosari 150

Pelaksanaan PMBS (Pengabdian Masyarakat Berbasis Sekolah): Rabu, 01 November 2023

Di SMKN 1 Purwosari

Pemateri dan Tim dari UMM (Universitas Muhammdiyah Malang):

1. Dr. Ir. Agus Zainudin, MP. (Ketua prodi agroteknologi)

2. Erfan Dani Septia, SP., MP. ((Sekretaris prodi agroteknologi sekaligus ketua tim pengabdian)

3. Aulia Zakia, SP., MSi.

4. Muammar Habibi Irsyad, SP.

5. Akhmad Rizal Oktafian, SP.

6. Sohnif Nurwicahyo Putra

7. Iqbal Maulana Zulfan

Pertanian organic dan urban farming (hidroponik) telah banyak dikembangkan sebagai salah satu upaya untuk menarik generasi muda agar tidak enggan bertani, dengan memanfaatkan teknologi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan memberikan materi dan praktik produksi bakteri yang memiliki kemampuan sebagai biofertilizer maupun bioprotektan. Produksi dilakukan dengan menggunakan bakteri koleksi UMM dan telah teruji baik skala laboratorium maupun screen house. Produk pupuk hayati yang akan dikembangkan berupa konsorsium bakteri, sehingga dalam satu produk memberikan dua keunggulan sekaligus yaitu sebagai biofertilizer (pupuk) dan bioprotektan (antagonis).

Pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan materi secara klasikal dari UMM, sebagai pengantar pada siswa sebelum praktik secara langsung. Kegiatan praktik dibagi menjadi beberapa sesi yaitu eksplorasi, persiapan/preparasi, isolasi, perbanyakan, produksi.

Pelatihan isolasi dan perbanyakan dilakukan dalam 1 hari, untuk kegiatan pemantauan dilakukan 14 hari setelah praktik isolasi.